• HUBUNGI
    kami
  • PROGRAM
    pengembangan
  • USAHA
    lingkup usaha
  • PROFIL
    perusahaan
  • BERANDA
    website

Profil Wilayah Usaha

Wilayah Usaha PDAB Provinsi Jawa Timur meliputi wilayah Provinsi Jawa Timur yang terbagi dua bagian yaitu daratan (pulau Jawa) dan kepulauan (Madura, dan Bawean dll). Luas wilayah daratan mencapai 90% dan kepulauan mencapai 10% dari total luas Wilayah Provinsi Jawa Timur. Dengan total luasan 46.428 km² yang terbagi dalam 29 Kabupaten dan 9 Kota terdiri dari 657 Kecamatan dan 8.484 Kelurahan/desa.

Wilayah Administrasi PDAB Jawa Timur
Kondisi Geografis

Ditinjau dari letak geografis, bahwa wilayah Provinsi Jawa Timur pada 111˚ 0’ - 114˚ 4’ Bujur Timur dan 07˚ 12’ - 08˚ 48’ Lintang Selatan.

Wilayah Administrasi

Sedangkan secara administrative batas-batas wilayah Provinsi Jawa Timur adalah sebagai berikut :

Sedangkan wilayah pelayanan PDAB Provinsi Jawa Timur mencakup seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur.
Tugas Perusahaan Daerah Air Bersih Provinsi Jawa Timur sesuai dengan Peraturan dan perundangan yang berlaku adalah dalam rangka melaksanakan pendelegasian wewenang dan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum wilayah di Jawa Timur disamping sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan sebagai sarana pengembangan perekonomian dalam rangka Pembangunan Daerah khususnya dan Pembangunan Nasional umumnya (Ref. Pasal 5 ayat [1] PERDA No. 2/1987 tentang PDAB)

Wilayah Pelayanan

Wilayah pelayanan PDAB meliputi seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur dengan obyek pelayanan kepada PDAM Kabupaten dan PDAM Kota berupa penjualan air minum Curah, sedangkan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh PDAM setempat. Namun demikian atasa dasar surat keputusan Gubernur berupa penugasan khsuus maka PDAB dapat melakukan pelayanan langsung kepada industry dan masyarakat (industrial estate dan real estate). Wilayah Pelayanan saat ini yang telah dikelola adalah unit PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang) yang teletak di Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan seluas ± 500 ha yang merupakan kawasan industry yang dikelola oleh Badan Usaha patungan antara Pemerintah Pusat, Provinsi Jatim dan Kota Surabaya. Sedangkan unit-unit lain di wilayah pelayanan masih dalam proses pengembangan yang diharapkan sudah dapat dioperasikan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

Kondisi Air Baku

Air baku yang digunakan oleh PDAB Jatim unit PIER untuk mengelola sistem penyediaan air bersih di wilayah pelayanan yang sedang dikelola saat ini adalah Air Permukaan dan Air Bawah Tanah (ABT) melalui sumur dalam yang tersebar di sekitar wilayah pelayanan kawasan PIER, baik didalam maupun di luar kawasan, dengan total jumlah Sumur 16 unit.

 

© Copyright 2013 by PDAB JAWA TIMUR